BBM Akan Naik. Pendapat Anda ?

Senin, 03 Februari 2014

Artikel Blog Masuk Google Sandbox ?

Tepat 50 hari yang lalu, tepatnya tanggal 16 Desember 2013, Blog Musik Tercinta telah mengalami penurunan pengunjung sangat drastis dengan disertai rank alexa yang juga mengalami pembengkakkan.

Tiga Hari kemudian saya mencoba untuk bertanya kepada teman-teman blogger dan guru blogger saya untuk mencari tahu apa penyebab penurunan pengunjung secara drastis. Saat itu salah satu teman saya mengatakan kalau penyebabnya adalah beberapa artikel blog musik tercinta masuk Google Sandbox. Penasaran saya mulai muncul, sayapun langsung mencari tahu apa sih Google Sandbox itu ?

Dan ternyata, Google Sandbox merupakan sejenis hukuman atau penjara yang diberikan oleh pihak Google terhadap suatu artikel yang telah diposting, karena dinilai tidak layak untuk di tampilkan di Google.

Penyebab artikel terkena Hukuman Sandbox salah satunya karena artikel telah menyalahi atau melanggar peraturan yang telah di tetapkan oleh Google Webmaster FAQ dan juga Webmaster Guidelines, akan tetapi ada beberapa kasus lain penyebab terkena hukuman Google Sandbox, yaitu :

  1. Terlalu Over Optimasi, dengan arti terlalu banyak melakukan over optimasi dengan mengulang keyword beberapa kali.
  2. Backlink Tidak Wajar, artinya mencari backling memang dilakukan oleh setiap blogger, namun jumlah backling yang tidak wajar malah menyebabkan artikel masuk Google Sandbox.
Jenis hukuman ini telah menimpa blog musik tercinta. Beberapa artikel yang dulu pernah berada di halaman pertama dan paling atas di pencarian Google.co.id dan Google.com, sekarang tiba-tiba ada yang menghilang beberapa.

Sayapun langsung mencari dampak dari Google Sandbox, dan saya membaca dari sumber Wikipedia yang salah satu dampaknya adalah menghilangnya beberapa artikel dari pencaharian, entah itu menjadi di halaman puluhan bahkan juga hilang selamanya.

Itu yang menyebabkan pengunjung blog musik tercinta menurun tajam, yang dulunya 13.000 pengunjung per hari, bahkan juga pernah menyentuh angka 14.000 pengunjung, kini pengunjung blog musik tercinta tinggal  tersisa 5.000 pengunjung per hari. Semoga masalah yang saya hadapi ini cepat teratasi dan pihak Google mau berbaik hati dengan membuka hatinya untuk blog musik tercinta ini.

0 komentar:

Posting Komentar